Daya Tarik Surya Paloh dan Nasdem yang Memikat Empat Ketua Umum Parpol

Aryo Widhy Wicaksono
8 Juni 2022, 21:34
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (kanan) di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (kanan) di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Nasdem Tower belakangan selalu ramai dengan kehadiran ketua umum partai politik, yang datang untuk berdiskusi dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Setidaknya, sudah empat ketua umum, dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Gerindra, dan Demokrat telah menjejakan langkahnya membangun komunikasi politik dalam rangka koalisi.

Diskusi yang terjadi selama pertemuan juga berlangsung cukup lama. Dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada Rabu (1/6) pekan lalu, bahkan berlangsung hampir lima jam. Sedangkan pertemuan dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan putra sulungnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Minggu (5/6), berjalan tiga jam sehingga selesai larut malam.

Jika menyangkut koalisi, Nasdem yang menempati urutan keempat dalam perolehan Pemilu 2019, memiliki 9,05 persen kursi di parlemen saat ini. Lalu, apa yang menjadi daya pikat Nasdem dan Surya Paloh sebagai kekuatan politik, sehingga membuatnya jadi rebutan?

Menurut Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing, Surya Paloh merupakan salah satu tokoh nasional dengan pengalaman politik luar biasa. Selain itu, dia bukan pemimpin yang hobi membangun pencitraan di ruang publik. 

"Pemikiran Surya Paloh berlandaskan kebangsaan yang membawa suatu pemikiran-pemikiran yang bisa mencerahkan," kata Emrus saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (8/6).

Posisi Surya Paloh dan Nasdem yang telah menyatakan akan mencari capres dari lingkungan eksternal juga menjadi daya pikat lainnya. Surya Paloh, tak berhasrat mengajukan diri sebagai capres, dan Nasdem belum menjatuhkan dukungan terhadap siapapun.

Emrus memandang, Nasdem di bawah kepemimpinan Surya Paloh juga cukup bagus dalam menyusun strategi, membaca situasi politik, serta memperhitungkan dinamika politik. "Nasdem juga sangat matang untuk menentukan pilihan bakal berkoalisi dengan siapa dan partai apa," kata dia.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...