Gelar Rakernas, PDIP Susun Strategi Pemenangan Pemilu 2024

Image title
20 Juni 2022, 13:52
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di Jakarta, Minggu (12/1/2020).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), pada 21-23 Juni 2022. Rakernas ini akan dibuka Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Kemudian, Presiden Joko Widodo akan memberikan kata sambutan.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, Rakernas ini mengusung tema "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat". Dengan sub tema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara”.

Advertisement

"Rakernas Partai dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan konsolidasi partai, mendengarkan laporan dari badan-badan partai dan alat kelengkapan Partai, serta untuk menyusun program pemenangan Pemilu legislatif dan pemilu Presiden pada tahun 2024," jelas Hasto dalam keterangan resmi, Senin (20/6).

Pelaksanaan Rakernas akan diselenggarakan di Gedung Sekolah Partai. Semua acara akan berlangsung secara hybrid, sehingga perwakilan pengurus utama yang hadir di Jakarta hanya ketua, sekretaris, dan bendahara DPD Partai. Sementara pengurus daerah lainnya dapat mengikuti secara daring.

“Sebagian besar acara bersifat tertutup, mengingat yang dibahas adalah hal-hal strategis terkait masa depan bangsa," jelas Hasto.

PDIP sengaja memilih lokasi di Sekolah Partai, karena hanya melalui kaderisasi Partailah calon pemimpin dapat digembleng sebelum mendapatkan penugasan di lapangan.

Hasto juga menjelaskan, pelaksanaan Rakernas ini mundur dari jadwal seharusnya, akibat masih menyebarnya pandemi Covid-19 pada tahun lalu.

Sebelum Rakernas berlangsung, secara berjenjang dari tingkat bawah PDIP telah menggelar Rakercab dan Rakerda Partai, sehingga program pemenangan Pemilu yang dibahas diharapkan dapat mengakar pada berbagai persoalan rakyat di akar rumput.

Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement