Saling Sindir Yenny Wahid dan Cak Imin soal PKB, Ungkit Konflik Lama

Aryo Widhy Wicaksono
23 Juni 2022, 14:08
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato saat menghadiri acara Doa Bersama Ulama dan Habaib untuk Perdamaian Dunia di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022).
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Ds/wsj.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato saat menghadiri acara Doa Bersama Ulama dan Habaib untuk Perdamaian Dunia di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyindir putri pendiri PKB, Abdurahman Wahid, yaitu Zannuba Arifah Chafsoh alias Yenny Wahid. Melalui akun Twitter resminya, Cak Imin meminta Yenny Wahid tidak mengurusi persoalan internal PKB.

Komentar ini membalas pernyataan Yenny, yang meminta agar elit partai politik dengan elektabilitas rendah pada survei supaya tidak memaksakan diri untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

Selain itu, Yenny meminta Ketua Umum PKB agar tidak berseberangan dengan NU.

Menurut Cak Imin, Yenny bukan bagian dari PKB, "Jadi ngapain ikut-ikut ngatur PKB, hidupin aja partaimu yang gagal itu. PKB sudah aman nyaman kok," cuitnya Kamis (23/6).

Yenny pun terlihat membuat unggahan untuk membalas pernyataan ini. "Tapi ndak usah baper to, Cak. Dan memang benar, saya bukan PKB Cak Imin. Saya kan PKB Gus Dur," tulis Yenny berselang sekitar 1,5 jam dari cuitan Cak Imin.

Cuitan dari Yenny dan Cak Imin sama-sama mendapatkan popularitas, karena hingga siang ini, setidaknya dari cuitan Yenny sudah terdapat 738 akun yang menyebarkan ulang, 362 mengutipnya, dan 2.554 akun menyukainya. Sementara Cak Imin, 340 akun menyebarkan ulang cuitannya, 366 mengutipnya, dan 568 akun menyukainya.

Sebelumnya, usai menjadi pembicara mengenai gerakan radikalisme dan intoleransi di kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat,  Direktur Wahid Foundation ini juga menyebut Cak Imin mengambil posisi yang berhadapan langsung dengan Ketua Umum Pengurus Besar NU KH Yahya Cholil Staquf. Posisi tersebut dia nilai merugikan pemilih di kalangan NU maupun PKB.

Menyitir dari berbagai sumber, ketegangan di antara Yenny dan Cak Imin sudah berlangsung lama, berawal dari konflik antara Cak Imin dengan ayahnya Yenny, Abdurahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur. 

Semua bermula ketika terjadi konflik internal di PKB, antara kubu Alwi Shihab-Syaifullah Yusuf dengan kubu Gus Dur dengan Cak Imin.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...