Hormati Tjahjo Kumolo, Kader PDIP Diminta Kibar Bendera Setengah Tiang

Aryo Widhy Wicaksono
1 Juli 2022, 15:55
Tjahjo Kumolo berjalan seusai mengikuti ratas kabinet yang membahas persoalan desa di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/1/2015).
ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.
Tjahjo Kumolo berjalan seusai mengikuti ratas kabinet yang membahas persoalan desa di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memerintahkan seluruh kader, anggota dan simpatisan untuk mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di semua kantor partai. Perintah ini keluar dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sebagai wujud belasungkawa terhadap Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo.

Tjahjo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo siang tadi, Jumat (1/7), setelah menjalani perawatan secara intensif akibat infeksi paru-paru.

"Ini sebagai penghormatan terbaik pada Almarhum Tjahjo," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Jumat (1/7) seperti dikutip dari Antara.

Hasto mengatakan, Tjahjo merupakan salah satu kader terbaik PDIP, yang memiliki sifat penyabar, penuh semangat, bersahabat, serta dengan karakter kepemimpinan yang menyatukan.

Megawati Soekarnoputri dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan, kata dia, mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Tjahjo Kumolo.

Hasto menggambarkan Tjahjo sebagai sosok legendaris di PDIP, karena menjadi anggota DPR RI selama enam periode, menjadi Sekjen PDIP, hingga dua kali menjabat sebagai menteri selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo, yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menpan RB.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...