Jerman Akui Desain Paspor Baru Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan

Aryo Widhy Wicaksono
17 Agustus 2022, 21:57
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Amran Aris menunjukkan Paspor Elektronik (e-passport) saat penerbitan Paspor Elektronik perdana di Badung, Bali, Rabu (20/11/2019).
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Amran Aris menunjukkan Paspor Elektronik (e-passport) saat penerbitan Paspor Elektronik perdana di Badung, Bali, Rabu (20/11/2019).

Desain paspor Indonesia yang tak memiliki kolom tanda tangan, kini akhirnya dapat diterima dan mendapatkan visa dari pemerintah Jerman. Kepastian ini diumumkan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta.

Dalam keterangan resmi terbarunya, Kedutaan Besar Jerman memberikan penjelasan terkait pengajuan visa oleh para pemegang paspor Indonesia yang tidak memiliki kolom tanda tangan.

"Paspor dengan (penambahan) tanda tangan yang disahkan oleh otoritas imigrasi pemerintah Indonesia dapat diproses," tulis pernyataan di situs resmi Kedutaan Jerman, Rabu (17/8).

Kedutaan juga menyatakan, instansi pemerintah Jerman dan Indonesia yang berwenang dalam kerangka kerja sama memutuskan, bahwa keputusan ini akan segera berlaku.

Kedutaan juga mengimbau agar para pemegang paspor Indonesia yang tak memiliki kolom tanda tangan dan sedang menjalani proses visa untuk secepatnya melakukan pengesahan tanda tangan di halaman empat atau lima ke otoritas imigrasi Indonesia. Halaman ini juga disebut sebagai halaman Endorsement.

Kementerian Dalam Negeri Federal Jerman (BMI) juga telah memberitahukan Kepolisian Jerman saat melakikan pemeriksaan di perbatasan, agar mempersilakan warga negara Indonesia yang memiliki paspor tanpa kolom tanda tangan tetapi mempunyai visa untuk tinggal sementara, untuk masuk dan melakukan perjalanan ke Jerman.

"Namun demikian, sangat disarankan bagi pemegang paspor yang terdampak untuk segera menambahkan tanda tangan yang disahkan oleh otoritas imigrasi Indonesia," bunyi keterangan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...