IDAI: Sakit Ginjal Misterius Anak, Waspadai Parasetamol Sirup

Andi M. Arief
18 Oktober 2022, 18:43
Ilustrasi anak sakit di rumah sakit
123rf.com
Ilustrasi anak sakit di rumah sakit

Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI mencurigai senyawa etilena glikol sebagai penyebab sakit ginjal misterius pada anak. Etilena glikol dapat ditemui pada kandungan obat parasetamol sirup.

Ketua Pengurus Pusat IDAI, Piprim Basarah Yanuarso, mengatakan pihaknya mewaspadai penggunaan parasetamol sirup pada anak, meski belum dapat menentukan secara pasti penyebab utama terjadinya sakit ginjal akut misterius atau Acute Kidney Injury Unknown Origin (AKIUO) yang tengah menyerang anak-anak.

Advertisement

"Sebagai kewaspadaan dini, IDAI tidak dulu menggunakan parasetamol sirup. Walaupun kemudian saya bilang sebagai kewaspadaan dini, tidak bisa diartikan dilarang mengonsumsi parasetamol sirup," kata Piprim dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/10).

Piprim mencontohkan sebuah kasus ginjal akut misterius yang menyebabkan seorang balita berusia 7 bulan di Yogyakarta meninggal dunia. Balita tersebut tidak mengonsumsi parasetamol sirup hingga mendapatkan diagnosa AKIUO. Menurut ibunya, balita tersebut tertular pilek dari kakaknya.

Namun, tiga kakak balita tersebut mengonsumsi parasetamol sirup untuk mengobati pilek mereka. Pada saat ketiga kakaknya membaik, kondisi balita berumur tujuh bulan tersebut justru sebaliknya, hingga dinyatakan meninggal akibat AKIUO.

"Kami belum berani menyimpulkan pada satu penyebab tunggal terjadinya AKIUO. Jadi masih diinvestigasi, karena dari berbagai daerah, profil pasiennya berbeda-beda," jelas Piprim.

Piprim mendata total kasus AKIUO telah mencapai 192 kasus secara tahun berjalan. Kasus terbanyak ditemukan di DKI Jakarta dengan 50 kasus, sementara di Jawa Barat dan Jawa Timur masing-masing mencapai 24 kasus.

Piprim mencatat AKIUO sejauh ini baru ditemukan di dua negara, yakni Gambia dan Indonesia. Sebelumnya, otoritas pengawas obat Gambia menemukan 66 anak yang meninggal dunia akibat AKIUO.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement