Termorex Sirup Diduga Terpapar Etilen Glikol, Konimex Tarik dari Pasar

Aryo Widhy Wicaksono
21 Oktober 2022, 14:32
Pegawai mengumpulkan sejumlah obat sirup yang mengandung paracetamol pada salah satu minimarket di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/10/2022).
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/YU
Pegawai mengumpulkan sejumlah obat sirup yang mengandung paracetamol pada salah satu minimarket di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/10/2022).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meminta tenaga kesehatan untuk sementara waktu, tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk cair atau sirup. Sebab berdasarkan pemeriksaan laboratorium ditemukan jejak senyawa yang berpotensi mengakibatkan gagal ginjal akut pada anak.

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah mengumumkan lima merek obat yang diduga mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG), senyawa yang diduga terkait dengan gagal ginjal akut pada anak. Salah satu di antara daftar tersebut adalah obat demam Termorex Sirup yang diproduksi PT Konimex.

PT Konimex pun mempersiapkan langkah untuk melakukan penghentian produksi, distribusi, dan penarikan kembali produk Termorex Sirup 60ml dengan nomor batch: AUG22A06. Penarikan dilakukan  sesuai surat edaran dari BPOM.

Pernyataan itu dikeluarkan sebagai bukti nyata atas penerapan Surat Keputusan BPOM Republik Indonesia (BPOM RI) Nomor: R-PW.01.12.35.352.10.22.1698 tertanggal 17 Oktober 2022. Surat tersebut mengenai Penghentian Produksi, Distribusi, dan Penarikan Kembali Obat.

“Kami senantiasa menjamin keamanan dan kualitas bahan baku, proses produksi dan distribusi seluruh lini produknya sesuai dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), termasuk produk Termorex yang pertama kali diproduksi 34 tahun lalu,” kata Chief Executive Officer PT Konimex Rachmadi Joesoef dalam keterangan di Jakarta, Jumat (21/10), seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...