Update Korban Gempa Garut: 1 Warga Luka Ringan, 5 Bangunan Rusak

Aryo Widhy Wicaksono
3 Desember 2022, 20:39
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022).
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima laporan terdapat satu warga mengalami luka ringan, sebagai dampak dari gempa bumi magnitudo 6,4 yang mengguncang Garut, Jawa Barat pada Sabtu sore (3/12) pukul 16.49 WIB.

Warga yang mengalami luka-luka berasal dari Desa Putrajawa, Selaawi, dan sudah dibawa ke Puskesmas terdekat.

Melalui keterangan tertulis, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto yang berada di Posko Darurat Bencana Cianjur, turut merasakan getaran gempa. Selain di Garut, pihaknya menerima laporan getaran juga dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di beberapa wilayah Jawa barat lainnya seperti Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung.

Dari data kerusakan yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, terdapat empat dan satu unit sekolah mengalami kerusakan.

"Untuk sementara yang diterima adalah empat unit rumah rusak di Kabupaten Garut, dan 1 unit sekolah, SDN Jatiwanti 1 juga rusak," kata Suharyanto seperti dikutip Antara, Sabtu (3/12).

Pihaknya memastikan akan mengirimkan tim untuk membantu pendampingan di daerah dan melakukan kajian cepat untuk mendata kebutuhan lain yang diperlukan.

Waspadai Hoax

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengimbau masyarakat agar arif dan bijak dalam menyaring informasi terkait gempa Garut. Terutama dengan menyebarnya cuplikan video mengenai kerusakan bangunan pada gempa bumi di Cianjur, yang dibubuhi keterangan terjadi di Garut.

"Hati-hati dengan berita Hoax yang menggunakan foto atau video gempa Cianjur kemudian dilabeli 'Gempa Garut'," tulis Gubernur dalam akun Instagram miliknya, Sabtu (3/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...