Jelang Nataru Garuda Indonesia Group Siapkan 1,3 Juta Kursi

Nadya Zahira
17 Desember 2022, 09:43
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia
ANTARA FOTO/Ampelsa/wsj.
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA), melalui layanan penerbangan full service Garuda Indonesia dan low cost carrier (LCC) Citilink, mempersiapkan sedikitnya 1,3 juta kursi penerbangan pada periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru.  Periode ini diproyeksikan berlangsung mulai 18 Desember 2022 – 8  Januari 2023. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan optimalisasi kesiapan kapasitas penerbangan tersebut sejalan dengan proyeksi peningkatan demand perjalanan transportasi udara pada periode liburan akhir tahun.

Oleh sebab itu, Irfan berharap periode peak season Nataru tahun ini dapat menjadi salah satu penanda penting, menggeliatnya industri transportasi udara yang semakin bertumbuh dan berakselerasi.

"Dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk melaksanakan perjalanan di akhir tahun pada masa transisi pandemi ini, tentunya menjadi momentum tersendiri yang akan senantiasa kami optimalkan," Ujar Irfan yang dikutip dalam keterangan resmi, pada Jumat (16/12).

Optimalisasi ini dilakukan dengan memastikan terpenuhinya kebutuhan akses layanan penerbangan secara aman dan nyaman, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan melalui udara. 

Hal ini mengacu kepada kapasitas penerbangan Garuda Indonesia, yang terdiri dari 503.000 kursi rute domestik dan 116.000 kursi penerbangan Internasional. Sementara Citilink, mempersiapkan sedikitnya 684.000 kursi penerbangan domestik serta 34.000 kursi untuk rute internasional.

Untuk memberikan tambahan kursi penerbangan ini, Garuda Indonesia Group menambah frekuensi dan operasional pesawat berbadan besar, terutama pada rute penerbangan yang memiliki potensi pertumbuhan permintaan penumpang tinggi.

Irfan menjelaskan, sepanjang Desember 2022 ini, Garuda Indonesia Group memproyeksikan dapat mengoperasikan sekitar 2015 frekuensi penerbangan setiap minggu. Jumlah ini tumbuh 20,7% dibandingkan November 2022 lalu, dengan 1670 frekuensi penerbangan per minggunya. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...