Alasan Penunjukan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi

Nur Farida Ahniar
19 November 2014, 17:01
Katadata
www.esdm.go.id
Amien Sunaryadi (kiri) dan Menteri ESDM Sudirman Said

KATADATA ? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menilai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terpilih, Amien Sunaryadi sebagai sosok pejuang. Amien diharapkan dapat mengembalikan kedaulatan energi.

"SKK Migas perlu orang yang dengan semangat perjuangan, mengembalikan kedaulatan energi dan yang kuat membangun sistem," ujar Sudirman di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (18/11).

Advertisement

Menurut Sudirman, Amien kuat dalam membangun sistem. Sedangkan SKK Migas memerlukan perbaikan kelembagaan, kepastian, kesederhanaan dan transparansi. Sebagai mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode pertama, Amien terbukti memiliki pengalaman dalam membangun sistem pengawasan, penyidikan, penyelidikan hingga membangun sistem rekrutmen.

"Kami punya leader yang kuat dari segi sistem. Itu dibutuhkan oleh SKK Migas," ujarnya.

Amien Sunaryadi diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Kepala SKK Migas melalui Keputusan Presiden Nomor 189/M/2014. Dalam Kepres yang berlaku sejak 18 November 2014 itu juga memberhentikan Rudi Rubiandini sebagai Kepala SKK Migas dan memberhentikan Jonanes Widjonarko sebagai Plt Kepala SKK Migas.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement