Pokemon GO Mewabah, Nilai Saham Nintendo Melonjak 25 Persen

Maria Yuniar Ardhiati
12 Juli 2016, 14:03
Pokemon GO
Youtube

Mewabahnya aplikasi permainan (game) Pokemon GO di seluruh dunia telah mendatangkan berkah bagi Nintendo. Harga saham perusahaan asal Jepang ini melambung hingga 25 persen dalam waktu singkat. Namun, Nintendo belum tentu meraup untung besar dari aplikasi besutannya itu.

Kenaikan pertama kali harga saham Nintendo di bursa Tokyo terjadi sejak Jumat pekan lalu, saat aplikasi game mobile itu diluncurkan pertama kali. Tren kenaikan itu terus berlanjut hingga awal pekan ini. Alhasil, dalam dua hari saja harga sahamnya telah melonjak 25 persen. 

Jika ditotal, kenaikan harga saham Nintendo mencapai US$ 7 miliar atau setara Rp 91,9 triliun. Tak cuma saham Nintendo yang mencetak kenaikan harga. Berkah serupa dinikmati perusahaan studio yang mengembangkan game tersebut, yaitu Niantic.

Pencapaian itu sejalan dengan banyaknya pengguna ponsel pintar yang mengunduh aplikasi tersebut. Kini, banyak pengguna ponsel di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yang pandangannya lekat menatap layar ponsel sembari menjalankan aplikasi tersebut.

Meski game ini gratis, pemainnya bisa melakukan pembelian untuk meningkatkan kemampuan Pokemon yang dimiliki. “Pengguna perlu membayar untuk melatih Pokemon dan mengikutsertakannya dalam pertandingan,” kata analis dari Macquarie Capital Securities, David Gibson, seperti dilansir Bloomberg, Senin (11/7).

Di Australia, item populer di Pokemon GO bisa dibeli dengan harga hanya US$ 0,99. Gibson menjelaskan, peringkat game ini di App Store tidak ditentukan oleh besarnya nilai transaksi, melainkan tingginya jumlah pengguna. (Baca: Keuntungan Facebook Melejit Hingga Rp 74 Triliun)

Gibson pun memperkirakan, laba bersih Nintendo bisa naik 15 persen berkat aplikasi Pokemon Go yang kini menempati peringkat pertama di Amerika Serikat. Sementara itu di Jepang, game yang menduduki urutan kelima ini diprediksi bisa mendatangkan tambahan profit 10 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...