Ada Kasus Suap Pajak, Sri Mulyani Semangati Pegawai Lewat Surat

Martha Ruth Thertina
23 November 2016, 14:37
Sri Mulyani
ARIEF KAMALUDIN I KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menulis surat untuk seluruh jajaran pegawai di kementeriannya. Kali ini, surat itu untuk  menyemangati para pegawai agar tidak terpukul oleh kejadian memalukan, yakni tertangkapnya pejabat Direktorat Jenderal Pajak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sri Mulyani mengawali surat dengan menyebut soal dua kejadian penangkapan yang terjadi belum lama ini. Pertama, penangkapan Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak oleh KPK. Kedua, penangkapan aparat Direktorat Bea dan Cukai oleh polisi. (Baca juga: Kasus Suap Pejabat Pajak Dicurigai Libatkan Oknum Pajak Lain)

Ia menilai, tindakan oknum-oknum tersebut sebagai penghianatan terhadap nilai-nilai baik dan prinsip integritas yang dijaga Kementerian Keuangan. Kejadian tersebut telah mengecewakan semua pegawai yang selama ini telah menjalankan tugas dengan penuh integritas, kejujuran, profesionalitas dan dedikasi tinggi.  

Namun, Sri Mulyani meminta seluruh jajarannya agar tidak patah semangat. “Kekecewaan kita harus salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi,” tulisnya dalam surat yang diunggah di laman Instagram pribadinya @smindrawati pada Rabu pagi (23/11).

(Baca juga: Ada Tim Reformasi, Darmin Minta Tetap Percaya Aparat Pajak)

Ia pun mengajak seluruh jajarannya bersama-sama membersihkan Kementerian Keuangan dari oknum-oknum yang telah mencoreng nama baik dan reputasi institusi. “Kita bersama-sama akan meneruskan reformasi dan transformasi kelembagaan agar Kementerian Keuangan menjadi institusi yang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat serta kredibel/dipercaya."

Sri Mulyani pun meyakini sebagian besar jajaran pegawai di Kementerian Keuangan adalah orang-orang yang jujur dan berintegritas tinggi. “Kita bersama-sama mampu melawan korupsi,” kata dia menutup suratnya. (Baca juga: KPK Tangkap Pejabat Pajak, Sri Mulyani: Bersihkan Pengkhianat)

Sebelumnya, Sri Mulyani pernah menulis surat untuk jajaran pegawai di Ditjen Pajak pasca berakhirnya periode pertama program pengampunan pajak (tax amnesty). Ketika itu, ia mengucapkan selamat dan terima kasih atas dedikasi luar biasa yang ditunjukkan pegawai Ditjen Pajak untuk menyukseskan program tersebut. Ia pun mendorong para pegawai agar semangat dalam mengejar penerimaan 2016.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...