Perumnas - KAI Mulai Bangun Dua Apartemen di Dekat Stasiun

Miftah Ardhian
8 Maret 2017, 14:16
Perumnas
Katadata | Agung Samosir

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Perum Perumahan Nasional (Perumnas) akan segera melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan hunian vertikal di areal sekitar stasiun kereta api. Pada tahap awal, rencana tersebut baru akan direalisasikan di dua stasiun yakni Pondok Cina dan Tanjung Barat.

"Itu Insyaallah bulan depan ya. Bulan depan akan groundbreaking," ujar Bambang saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, jakarta, Rabu (8/3).

Bambang menuturkan, dalam proyek tersebut, KAI akan menyediakan lahan, sedangkan Perumnas sebagai penggarap proyeknya. Pada tahap awal ini, Peumnas akan membangun total 2.000 unit hunian di kedua lokasi.

(Baca juga:  Bangun Rumah Murah, Pemerintah Sasar Lahan BUMN)

Menurutnya, dengan adanya pembangunan hunian di kawasan stasiun ini akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Alasannya, dengan tinggal di hunian ini, masyarakat hanya tinggal turun ke bawah untuk mencapai moda transportasi massal yakni Kereta Rel Listrik (KRL). "Pasti akan laris itu," ujar Bambang.

Hanya saja, Bambang belum bisa merinci berapa nilai investasi awal untuk membangun kedua menara apartemen tersebut. "Tapi itu nanti longlist lah. Karena tanahnya milik negara, nanti tanahnya akan tetap milik KAI. Tapi jangka panjang kan itu 30 tahun (Hak Guna Bangunan)," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...