Produksi Gas ConocoPhillips Tambah 16% Berkat Fasilitas Baru

Anggita Rezki Amelia
22 Mei 2017, 10:37
Stand pameran ConocoPhillips
Arief Kamaludin|KATADATA

Pembangunan fasilitas produksi Sumpal Compression Project milik ConocoPhillips telah diresmikan dan mulai beroperasi. Fasilitas tersebut akan meningkatkan produksi gas dari perusahaan energi asal Amerika Serikat itu.

Presiden Direktur ConocoPhillips (Grissik) Indonesia Ltd. Bijan Agarwal mengatakan, proyek ini meningkatkan produksi Lapangan Sumpal, Blok Corridor Sumatera Selatan, sebesar 16,9 persen. “Sumpal Compression Project berhasil mengoptimalkan volume produksi dari 265 juta kaki kubik per hari (mmscfd) menjadi 310 mmscfd,” kata dia berdasarkan siaran persnya, Minggu (21/5).

Advertisement

(Baca: SKK Migas Targetkan 14 Proyek Hulu Migas Beroperasi Tahun Ini)

Menurut Bijan, proyek itu dilaksanakan di area brown field atau proyek yang bersifat penyempurnaan di lapangan eksisting  tanpa mengganggu kegiatan rutin operasi produksi. Tujuannya agar tidak mengganggu kegiatan rutin operasi produksi.

Dalam pengerjaan proyek, ConocoPhillips juga meminimalisir gangguan ke masyarakat sekitar. Selain itu, proyek ini juga melibatkan tenaga kerja lokal. "Sumpal Compression Project memiliki presentasi TKDN  sebesar 58,96%", ujar Bijan. 

Adapun proyek Sumpal Compression Project  meliputi satu tingkat sistem kompresi yang terdiri dari tiga unit kompresor turbin gas (Gas Turbine Compressor/GTC) dengan total 24 ribu tenaga kuda. Selain itu, ada dua unit pembangkit listrik turbin gas (Gas Turbine Power Generation) masing-masing sebesar 1 Megawatt (MW). Terdapat pula ruang kendali yang berisikan sistem pengontrol , instrumen sistem keselamatan,  instrumentasi elektrikal, serta  perluasan area operasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement