Topping Off, Budi Karya Targetkan Bandara Kertajati Beroperasi 2018

Pingit Aria
22 Mei 2017, 12:09
Bandara Kertajati
ANTARA FOTO|Akbar Nugroho Gumay
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meninjau proyek pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka, Jumat (24/2).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menjalankan seremoni penutupan atap (topping off) Bandara Kertajati. Dalam kesempatan itu, ia menyatakan optimistis Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) ini dapat dioperasikan pada tahun 2018.

"Progress pembangunan BIJB luar biasa cepat dan berjalan dengan baik sehingga saya yakin target pengoperasian pada tahun 2018 dapat tercapai," kata dia dalam siaran persnya, Ahad (21/5) kemarin.

Advertisement

Budi Karya mengatakan, nantinya Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka akan menjadi fasilitas transportasi udara untuk masyarakat di Jawa Barat. "Ini memberikan kesempatan bagi warga Jawa Barat yang selama ini harus 10 jam untuk menuju bandara (Soekarno Hatta) tapi nanti hanya 2 jam untuk bisa sampai bandara (Kertajati)," katanya.

(Baca juga: Pemerintah Mulai Siapkan Pesawat, Kapal, Hingga Aplikasi Pemandu Mudik)

Menurut Budi Karya, pembangunan BIJB merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Barat. "Pembangunan air side dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan akan selesai 2017, sedangkan Pemda Jawa Barat dan BIJB yang membangun land side akan selesai pada 2018," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi Karya juga mengatakan, Jawa Barat akan memiliki ikon lainnya yaitu Pelabuhan Patimban yang mulai beroperasi pada 2019. Hadirnya Pelabuhan Patimban dapat menjadi sarana ekspor barang berat.

"Ini memberikan kesempatan masyarakat Jawa Barat Bagian Timur dan Utara berkembang pesat, di mana ekspor dapat melalui Pelabuhan Patimban," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement