Indonesia – Turki Kerja Sama Buat Tank, Kapal Selam dan Drone

Ameidyo Daud Nasution
7 Juli 2017, 12:59
Jokowi dan Erdogan
Rahmat|Biro Pers Setpres
Pernyataan Pers Bersama Presiden Jokowi dan Presiden Erdogan, di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Kamis (6/7) siang waktu setempat.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sepakat menjalankan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, pertahanan, dan energi. Selain itu, kedua pemimpin negara ini sepakat bekerja sama memerangi terorisme.

“Kami telah sepakat berupaya mengembalikan trend positif perdagangan dan investasi, antara lain melalui negosiasi Indonesia – Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA), pengurangan atau pengakhiran hambatan perdagangan, dan penciptaan iklim investasi yang kondusif,” kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Erdogan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Kamis (6/7) siang waktu setempat.

Kepala Negara menambahkan, Indonesia menyambut baik hasil konkrit kerja sama industri pertahanan, berupa peluncuran tank kelas menengah kpaplan, produksi bersama Indonesia dan Turki. Selain itu, ada pula penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Dirgantara Indonesia dengan Turkish Aerospace Industry untuk kerja sama di bidang kedirgantaraan.

(Baca juga: Hari Ini Jokowi Akan Bertemu Erdogan dan Pengusaha Turki)

“Tadi juga telah kami sepakati untuk menambah kerja sama di bidang pembuatan kapal selam dan drone, dan ini juga akan ditindaklanjuti oleh tim dari kedua negara,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...