Mulai Terpukul Lemahnya Daya Beli, Penjualan Mobil Anjlok 29%

Amal Ihsan Hadian
19 Juli 2017, 17:10
IIMS 2016
Arief Kamaludin|KATADATA
Pengunjung pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Jakarta, Kamis (7/4).

Pengusaha otomotif mulai mewaspadai faktor melemahnya daya beli masyarakat terhadap penjualan kendaraan tahun ini. Indikasinya adalah anjloknya penjualan mobil dan motor selama Juni lalu dibandingkan bulan sebelumnya maupun bulan yang sama 2016.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil selama Juni lalu hanya mencapai 66.370 unit. Jumlah tersebut turun 29,5% dibandingkan penjualan mobil pada bulan sebelumnya yang mencapai 94.091 unit. Jumlahnya juga jauh di bawah penjualan Juni 2016 yang sebanyak 91.488 unit.    

Ketua Gaikindo Jongkie D. Sugiarto menilai, anjloknya penjualan mobil lebih disebabkan oleh siklus bulan puasa dan Lebaran pada Juni lalu. Jumlah hari kerja efektif selama bulan tersebut terpotong masa cuti bersama Lebaran.

Akibatnya, jumlah penjualan pun menurun. "Itu bulan pendek untuk jualan. Waktunya hanya sekitar 2 minggu," ujarnya kepada Katadata, Rabu (19/7).

Gaikindo pun sebenarnya sudah memprediksi potensi penurunan penjualan di bulan Juni lalu. Prediksi itu mengacu kepada data penjualan tahun lalu. Saat bulan puasa dan Lebaran, penjualan mobil pada Juli 2017 memang menurun drastis.

Pada bulan tersebut, penjualan mobil sebesar 61.891 unit, atau jauh di bawah penjualan bulan sebelumnya yang mencapai 91.488 unit. Selepas Lebaran, di bulan Agustus 2016, penjualan mobil kembali melesat hingga 96.282 unit.

Karena itu, Jongkie pun optimistis penjualan mobil akan kembali meningkat pada Juli ini. Gaikindo menargetkan penjualan mobil tahun ini akan mencapai 1,1 juta unit atau naik 50 ribu unit dari tahun sebelumnya.

Meski begitu, sebagian pelaku industri menganggap, anjloknya penjualan pada Juni lalu juga dipengaruhi melemahnya daya beli dan kehati-kehatian perbankan dalam menyalurkan kredit kendaraan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...