Jadi Proyek Strategis, Inpex Minta Pemerintah Permudah Lahan Masela

Anggita Rezki Amelia
20 Juli 2017, 18:44
Inpex
KATADATA
Inpex

Operator Blok Masela Inpex Corporation meminta pemerintah mempermudah pembebasan lahan untuk pembangunan kilang gas. Apalagi saat ini Masela sudah menjadi proyek strategis nasional.

Juru bicara Inpex Corporation Usman Slamet mengatakan salah satu kendala yang dihadapi dalam menggarap proyek adalah lahan, tidak terkecuali Masela. Bahkan seringkali lahan menjadi hambatan dalam pelaksanaan proyek.

(Baca: Empat Proyek Hulu Migas Prioritas Akan Dapat Kemudahan Lahan)

Hal itu pun pernah dialami oleh proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Batang, Jawa Tengah. Proyek yang pertama kali memakai skema kerja sama pemerintah dan swasta ini harus mangkrak 10 tahun sejak 2006 akibat lahan.

Namun, karena ada campur tangan pemerintah, masalah lahan itu selesai. Apalagi proyek itu masuk dalam daftar proyek strategis nasional di sektor ketenagalistrikan. Alhasil, Jokowi meresmikan proyek ini pada Agustus tahun 2015, dan 10 bulan kemudian pembangunan proyeknya bisa berjalan.

Usman berharap masuknya Masela sebagai proyek strategis nasional, proses pembebasan lahan juga bisa lancar seperti kasus PLTU Batang. "Contohnya PLTU Batang salah satu kendalanya di lahan, dan bisa selesai," kata dia di Jakarta, Kamis (20/7). 

Selain pembebasan lahan, Usman mengatakan Inpex butuh dukungan lainnya dari pemerintah, seperti insentif. Namun insentif dalam hal ini belum bisa dirinci sebab harus mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan. Kemudian ada kemudahan perizinan dari kementerian dan lembaga terkait.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...