Kementerian ESDM Upayakan Pembangunan Jaringan Gas di Serang

Anggita Rezki Amelia
15 Agustus 2017, 15:31
Pipa Gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerjaan pipanisasi gas milik Pertamina Gas di Kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempertimbangkan Kabupaten Serang, Banten mendapatkan alokasi pembangunan Jaringan Gas (Jargas) rumah tangga. Hal ini menanggapi permintaan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada Kementerian ESDM.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan Pemerintah Kabupaten Serang pernah menyampaikan secara lisan permintaan menambah jaringan gas rumah tangga. Permintaan tersebut disampaikan secara lisan kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan.

(Baca: Kementerian ESDM Alihkan 3 Lokasi Jaringan Gas PGN Ke Pertamina)

Namun, tampaknya keinginan Pemkab Serang ini belum bisa terwujud tahun ini. Ini karena alokasi Anggaran dan Pendapatan Negara Perubahan (APBNP) 2017 sudah diketok oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Salah satu peluang untuk mewujudkan itu adalah tahun depan, meskipun DPR juga sudah menyepakati alokasi Jargas. "Kami akan usahakan," kata Arcandra di acara peresmian pabrik Rekayasa Teknologi Katup (RTK) di Serang, Banten, Selasa (15/8).

Namun Arcandra belum mengetahui berapa besar sambungan rumah tangga (Jargas) yang bisa dibangun di daerah Serang. Tahun ini Kementerian ESDM menargetkan pembangunan jaringan gas rumah tangga sebanyak 59.809 sambungan tersebar di sepuluh kabupaten/kota.

Di tempat yang sama, Bupati Kabupaten Serang Banten, Ratu Tatu Chasanah mengatakan daerahnya sangat membutuhkan Jargas untuk menghemat pengeluaran masyarakat.  Apalagi infrastruktur pipa gas milik PGN di Banten sudah tersedia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...