Mangkrak 11 Tahun, BPH Putuskan Nasib Proyek Pipa Bakrie Bulan Depan

Anggita Rezki Amelia
31 Agustus 2017, 14:38
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan memutuskan kelanjutan proyek pembangunan pipa transmisi Kalimantan Jawa (Kalija) II. Proyek yang dimenangkan PT Bakrie & Brothers Tbk pada 2006 itu sudah 11 tahun belum ada perkembangan.

Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio mengatakan saat ini pihaknya sedang memvalidasi mengenai kondisi dari proyek pipa itu. “Kami validasi ini, sudah ada beberapa gambaran. Harapannya validasi selesai bulan September," kata dia di kantor BPH Migas, Rabu (30/8).

(Baca: Mangkrak 11 Tahun, Rekind Tetap Lanjutkan Proyek Pipa Cirebon-Semarang)

Proyek pipa ini menghadapi beberapa kendala. Pertama, mengenai pasokan gas. Pipa yang akan memanjang dari Bontang hingga Semarang ini memiliki kapasitas hingga 1.000 mmscfd. Namun, gas yang tersedia untuk mengalir lewat pipa tersebut di bawah itu yakni 300 mmscfd.

Permasalahan lainnya adalah pasar penjualan gas tersebut. Hingga kini pembeli gas yang akan melalui pipa tersebut belum jelas. Untuk itu BPH Migas akan mencari pasar gas dari Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur baik industri maupun PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...