Medco Akuisisi 77,68% Saham PT Saratoga Power

Anggita Rezki Amelia
6 Oktober 2017, 18:09
Medco Energi
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

PT Medco Energi Internasional Tbk berhasil mengakuisisi 77,68% saham PT Saratoga Power di Saratoga dan investor lainnya. Akibat dari proses akuisisi itu, kepemilikan efektif Medco di PT Medco Power Indonesia (MPI) juga meningkat.

Kepemilikan Medco di MPI kini menjadi 88,62% dari sebelumnya hanya 49%. Sementara itu sisa saham lainnya sebesar 11,38% tetap dipegang International Finance Corporation (IFC).

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro mengatakan akuisisi ini memungkinkan perseroan untuk memperoleh kembali kendali mayoritas MPI. Selain itu juga memperkuat perusahaan di sektor pembangkit tenaga listrik yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 9% per tahun selama 10 tahun ke depan.

Peningkatan kontrol terhadap MPI ini sejalan dengan strategi Perusahaan untuk tumbuh di tiga sektor utama, yakni minyak dan gas, pertambangan dan listrik. “Serta membuka potensi yang lebih besar untuk dapat bersinergi dengan bisnis hulu gas yang kami miliki,” kata Hilmi berdasarkan keterangan resminya, Jumat (6/10).

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Medco membeli 784.840 lembar saham PT Saratoga Sentra Business dan S Asia III Luxembourg S.A.R.L di PT Saratoga Power pada tanggal 3 Oktober 2017. Ini sesuai dengan akte pengambilalihan saham yang dibuat di hadapan notaris Jose Dima Satria.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...