Organisasi Buruh Dunia Minta Pengusaha Perhatikan Nasib Pekerja Sawit

Michael Reily
10 Oktober 2017, 15:30
sawit
Arief Kamaludin|Katadata

Organisasi Buruh Dunia atau International Labor Organization (ILO) meminta pengusaha kelapa sawit Indonesia untuk memperhatikan nasib pekerjanya. Organisasi sayap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini mencatat, penyerapan tenaga industri kelapa sawit mencapai 8 juta orang.

Direktur ILO Jakarta Michiko Miyamoto menyatakan, nasib pekerja harus diperhatikan karena sensitif terhadap keberlangsungan industri sawit. “Saya menginginkan kolaborasi antara pengusaha dan pekerja dalam industri kelapa sawit,” kata Michiko saat memberikan sambutan dialog nasional kelapa sawit di Jakarta, Selasa (10/10).

Menurut Michiko, perusahaan dan pekerja harus saling bersinergi untuk memecahkan masalah ketenagakerjaan. Ia mengungkapkan, masalah-masalah mengenai ketenagakerjaan bakal berdampak pada pandangan dunia global mengenai kelapa sawit Indonesia.

“Estimasi pekerja yang tidak menerima haknya ada 2,3 juta orang, tapi estimasi cuma perkiraan. Mari kita bantah pola pikir itu,” ujar Michiko.

Sementara, Direktur Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan Sugeng Priyanto menjelaskan, pemerintah sudah mencatat beberapa isu pekerja kelapa sawit yang mencuat. Di antaranya adalah hubungan kerja, pengupahan, dan adanya anak kecil yang bekerja.

Masalah yang sering muncul adalah banyaknya buruh harian lepas tanpa kejelasan dokumen jaminan kerja, sehingga upah dan asuransi pekerjaan tidak memenuhi standar. Padahal buruh berkutat dengan benda tajam seperti pisau dan parang serta zat kimia yaitu pupuk dan pestisida.

Untuk menanggulangi masalah-masalah yang muncul, Sugeng meminta pengusaha menetapkan hubungan kerja juga keselamatan dan kesehatan kerja. “Kuncinya konsistensi dan kedisiplinan untuk sadar terhadap orang lain,” ujarnya. Pasalnya, solusi tidak mudah diterapkan karena tingkat pendidikan yang rendah.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...