Aset Tak Cukup Bayar Utang, Induk Usaha Sevel Garap Bisnis Ternak Sapi

Miftah Ardhian
20 Oktober 2017, 17:59
Gerai Sevel
Arief Kamaludin|KATADATA
Gerai Sevel tutup di Kawasan Gandaria, Jakarta, Jumat, (23/06).

PT Modern Internasional Tbk (MDRN) menyatakan telah memiliki cara untuk menutup kewajiban dan utang-utang anak usahanya PT Modern Sevel Indonesia. Perusahaan ini akan menambah aset dengan mengakuisisi peternakan sapi perah dan pengolahan susu PT Nusantara Agri Sejati. 

Melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur Utama MDRN Sungkono Honoris mengatakan seiring dengan penutupan gerai-gerai 7-eleven, perseroan menyadari bahwa bisnis dan PT Modern Sevel Indonesia tidak cukup untuk membayar seluruh kewajibannya. Pihaknya pun telah mengkaji berbagai solusi untuk memenuhi kewajibam anak usahanya tersebut.

(Baca: Sevel Langgar Kesepakatan Pembayaran Gaji Karyawan Rp 2,6 Miliar)

Solusinya adalah dengan dengan menambah aset dan memperluas bisnisnya dengan mengakuisisi  PT Nusantara Agri Sejati. "Aset tersebut akan dinilai secara independen oleh agen penilaian yang terdaftar (KJPP) dan harga pembelian akan diatur lebih lanjut berdasarkan hasil penilaian ini," ujar Sungkono, di Jakarta, Jumat (20/10).

Sungkono menjelaskan pembelian perusahaan peternakan tersebut tidak dibayarkan secara tunai, sehingga tidak mempengaruhi kas perusahaan. Saham PT Nusantara Agri Sejati diberikan kepada MDRN sesuai dengan perjanjian kontribusi kedua belah pihak.

Sementara MDRN akan menerbitkan Obligasi Wajib Konversi (OWK) yang akan ditukar dengan saham tersebut. Harga pembeliannya juga disesuaikan dengan penerbitan OWK tersebut. OWK akan menjadi subordinasi terhadap seluruh kewajiban MDRN lainnya dan tidak akan dibayar secara tunai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...