Baru Diresmikan Jokowi, Tol Becakayu Akan Segera Dijual

Ameidyo Daud Nasution
3 November 2017, 17:46
Jokowi Anies
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian jalan tol Becakayu di kawasan Cipinang, Jakarta, Jumat (3/11).

Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi I B dan I C (Cipinang - Jakasampurna) baru saja rampung dan akan mulai beroperasi akhir pekan ini. Pemiliknya, PT Waskita Karya (Persero) menyatakan akan segera menjual tol ini kepada investor.

"Langsung dijual nanti (Becakayu)," kata Direktur Utama Waskita M. Choliq usai peresmian tol ini di Bekasi, Jumat (3/11).

Dia mengatakan penjualan tol ini bertujuan agar perseroan mendapat dana segar, yang bisa digunakan untuk membangun proyek infrastruktur lainnya. Selain Becakayu, opsi penjualan juga akan dilakukan pada ruas-ruas tol lainnya seperti Pejagan - Pemalang.

Choliq mengaku saat ini sudah ada beberapa investor dari dalam dan luar negeri yang menyatakan tertarik membeli Tol Becakayu. Untuk peminat dalam negeri, dia masih belum mau menyebutkan identitas, siapa saja investor tersebut secara detail.

"Kalau dari Australia itu Macquarie. Sedangkan Malaysia bahkan Khazanah langsung," katanya. (Baca: Divestasi Terganjal, Waskita Siapkan 3 Alternatif Pembiayaan)

Menteri BUMN Rini Soemarno merasa optimistis tol Becakayu akan memiliki banyak peminat. Hal ini lantaran arus kendaraan yang diprediksi lewat jalan bebas hambatan ini besar yakni mencapai 22 ribu kendaraan per hari. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...