BNI Janjikan Layanan Perbankan Digital yang Lebih Mudah dari Go-Pay

Miftah Ardhian
8 November 2017, 17:27
BNI
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk akan meluncurkan layanan perbankan digital yang diklaim lebih mudah dari Go-Pay, alat pembayaran elektronik milik Go-Jek. Gempuran perusahaan-perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech) memang membuat perbankan harus lebih inovatif.

Direktur Bisnis Menengah BNI Putratama Wahju Setyawan mengatakan, perkembangan fintech harus menjadi tantangan agar BNI bisa menyiapkan layanan yang semakin baik.

Advertisement

Hanya, untuk layanan yang akan diluncurkannya, Putratama belum mau menjelaskan apakah akan dilakukan melalui kolaborasi atau akuisisi perusahaan fintech. "Tunggu kejutannya. Ini kombinasi yang ideal. Kami harus membuat sesuatu yang lebih flexible dibanding Go-Pay," ujarnya di Gedung BNI 46, Jakarta, Rabu (8/11).

(Baca juga: Target Meleset, BNI Revisi Pertumbuhan Kredit Tahun Ini Jadi 13%)

Ia menyatakan, idealnya banyak perbankan yang membentuk suatu perusahaan modal ventura untuk dikembangkan dan menjadi bagian dari bisnis perbankan tersebut. Tetapi, BNI sendiri masih menimbang seberapa besar peluang keberhasilan akan bisnis tersebut.

Menurutnya, BNI lebih condong untuk mencari fintech yang telah berkembang dan melakukan akuisisi, ketimbang melakukan pembinaan dari awal. "Memang akan mengeluarkan biaya yang lebih besar, tapi kalau ada yang sudah terbukti bagus, kenapa tidak kami langsung panen saja hasilnya," ujar Putratama.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement