Jasa Marga Incar 2 Ruas Tol Waskita Karya

Miftah Ardhian
17 November 2017, 17:34
Jasa Marga
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengaku tengah mengincar dua ruas tol yang dimiliki oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Keduanya merupakan ruas-ruas yang terdapat di sepanjang Tol Trans Jawa. Namun, masih belum ada kesepakatan harga dalam proses tersebut.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan pihaknya memang tengah mengincar ruas-ruas tol yang berada di sepanjang Tol Trans Jawa. Makanya, saat Waskita Karya menawarkan ruas miliknya di sepanjang Tol tersebut, Jasa Marga pun menyatakan ketertarikannya. (Baca: Lima Investor Incar 20% Saham dan Ruas Tol Waskita Toll Road)

Beberapa ruas tol yang serius ditindaklanjuti adalah ruas-ruas yang secara mayoritas tidak dimiliki oleh Jasa Marga. Desi pun menyatakan, terdapat dua ruas yang tengah dalam pembahasan. "Ada Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang," ujar Desi saat ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (17/11).

Dia menyatakan Jasa Marga berencana memperbesar kepemilikannya di di sepanjang ruas tol Trans Jawa. Makanya, Jasa Marga menyatakan belum begitu tertarik mengambil alih Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang baru saja dioperasikan sebagian. Ruas tol di sepanjang sungai Kalimalang ini memang rencananya akan langsung dijual. (Baca: Anak Usaha Astra International Tertarik Beli Jalan Tol Becakayu)

Saat ini, jasa Marga diketahui memiliki sekitar 70 persen ruas-ruas tol Trans Jawa. "Kalau sekarang kan Jasa Marga punya Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Surabaya-Mojokerto," ujar Desi.

Selain ingin mengakuisisi ruas-ruas tol baru, Jasa Marga juga akan melepas ruas-ruas tol miliknya dengan skema obligasi proyek (project bond) dan sekuritisasi, bukan menjual seutuhnya tol tersebut. Ini dilakukan guna mencari pendanaan untuk melakukan pembangunan ruas tol baru yang telah tersusun dalam rencana kerja perusahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...