Sri Mulyani Harap Presiden Segera Tunjuk Dirjen Pajak yang Baru

Miftah Ardhian
23 November 2017, 14:54
Jokowi Sri Mulyani
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Presiden berdiskusi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2017 di Istana Negara, Jakarta, 7 Desember 2016.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memberikan keputusan resmi soal pengangkatan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak yang baru. Ia pun mengharapkan keputusan tersebut bisa segera diambil, sehingga tidak perlu ada pejabat sementara.

"Mudah-mudahan tidak (Plt Dirjen Pajak)," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (23/11).

Dirinya menjelaskan, mekanisme pemilihan Dirjen Pajak baru dilakukan dengan menyampaikan beberapa nama kepada Jokowi. Setelah itu, Jokowi yang akan memimpin Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menentukan orang yang tepat menduduki jabatan tersebut.

(Baca juga: Penunjukan Dirjen Pajak Baru, Jubir Kemenkeu Tunggu Informasi Resmi)

Sri Mulyani enggan menjelaskan jumlah calon yang disodorkannya, juga kemajuan dari proses seleksi tersebut. Yang jelas, dia telah melakukan komunikasi dengan para pimpinan di tubuh Direktorat Jenderal Pajak untuk menjaga fokus kinerja mereka.

"Karena ini kan masa yang sangat kritis di akhir tahun. Namun sistem tetap dijaga," ujarnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani enggan menanggapi pemberitaan yang menyebutkan bahwa Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan telah dipilih Jokowi untuk mengisi posisi Dirjen Pajak. Menurutnya, hal tersebut masih sebatas rumor.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...