Grup AEON Akan Pasarkan Produk Indonesia di Jepang

Michael Reily
27 November 2017, 14:18
Produk Makanan dan Minuman
Katadata | Donang Wahyu

Pemerintah akan menggandeng AEON untuk memasarkan Fast Moving Consumer Goods (FMGC) produksi Indonesia di Jepang. Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama ini merupakan salah satu agenda dalam misi dagang ke Jepang pada 28-30 November mendatang.

Nota kesepahaman itu akan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Arlinda dengan Chairman AEON. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang memimpin delegasi Indonesia berharap Jepang dapat menjalankan komitmennya untuk memberikan akses lebih luas bagi produk makanan, pertanian dan perikanan, serta jasa tenaga kerja terampil dari Indonesia.

Advertisement

“Selain itu, membuka peluang kerja sama untuk mendorong produk Indonesia masuk ke pasar Jepang melalui sistem distribusi retail yang ada di Jepang," katanya dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin (27/11).

AEON merupakan salah satu jaringan retail terbesar di Jepang dengan lebih dari 3 ribu gerai yang tersebar di seluruh dunia. Sehingga, misi dagang dinilai dapat mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara. Enggar juga bakal bertemu dengan President & CEO of Mitshubishi Corporation serta diaspora Indonesia yang berada di Jepang.

(Baca juga: Ekonomi Kuartal III Lima Negara ASEAN Melaju, Indonesia Tertinggal)

Selain itu, ia dijadwalkan bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Hiroshige Seko, Federasi Bisnis Jepang Keidanren, Secretary General of Liberal Democratic Party Toshihiro Nikai, bekas Perdana Menteri yang juga merupakan President of Japan–Indonesia Association (JAPINDA) Yasuo Fukuda. Pertemuan dimaksudkan untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement