Jelang Tahun Politik, Jokowi Ingatkan Kadin Agar Jangan ‘Nyambi’

Ameidyo Daud Nasution
29 November 2017, 13:18
jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas tentang perkembangan implementasi program pengentasan kemiskinan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/7). Presiden menekankan untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di masyarakat dan pelaksan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta urusan ekonomi tidak perlu dicampur aduk dengan urusan politik. Peringatan Jokowi ini mengingat makin dekatnya Indonesia dengan tahun politik, saat ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Jokowi mencontohkan, pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia agar memberi batasan yang jelas antara kegiatan usaha dan politiknya. Kadin merupakan salah satu asosiasi pengusaha terbesar di Tanah Air, selain Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Advertisement

"Jangan Kadin misalnya, 'nyambi' politik. Ini mau jadi pengusaha, apa politikus,” kata Jokowi dalam sambutannya pada Kompas 100 CEO Forum, di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (29/11).

Tak jelas apakah pernyataan Jokowi tersebut ditujukan untuk menyindir individu tertentu atau hanya contoh secara umum. Namun, fenomena pengusaha yang menjadi politisi memang bukan ha lasing di Indonesia.

(Baca juga: BI Waspadai Risiko dari Pemulihan Ekonomi Dunia yang Bersifat Temporer)

Aburizal Bakrie yang pernah memimpin Kadin pada 1994-2004 juga merupakan petinggi Partai Golkar. Begitu juga Sandiaga Uno yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta baru tahun lalu mundur sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi. Di luar Kadin, CEO MNC Group Hary Tanoesudibjo juga dikenal sebagai pendiri Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement