Mendag Minta Uniqlo Pasarkan Produk UKM Indonesia

Michael Reily
30 November 2017, 10:40
Uniqlo
Instagram/UniqloIndonesia
Uniqlo Indonesia

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta Uniqlo membantu pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di jaringan retail global mereka. Strategi ini dinilai dapat meningkatkan kinerja ekspor produk Indonesia.

Permintaan tersebut, oleh Enggar disampaikan langsung kepada President of Mitsubishi Corporation Takehiko Kakiuchi dalam agenda misi dagang ke Jepang. Mitsubishi merupakan induk usaha Uniqlo di Jepang.

“Sehingga produk-produk UKM Indonesia dapat berdaya saing dan diekspor ke mancanegara," kata Enggar dalam keterangan resmi dari Jepang, Rabu (29/11).

Enggar menyatakan, pengembangan UKM adalah salah satu kesepakatan Indonesia dengan Japan–Indonesia Association. “Kedua negara sepakat bekerja sama dalam bidang pertanian dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar pelaku UMKM memiliki kompetensi,” ujarnya. Selain itu, kesepakatan juga dilakukan untuk kerja sama dalam hal transfer teknologi.

(Baca: Pemerintah Tingkatkan Kerja Sama Industri dengan Jepang)

Enggar juga meminta supaya Uniqlo dan Mitsubishi untuk terus melebarkan sayap dengan melakukan ekspansi di Indonesia. Sebab, ekonomi Indonesia yang terus tumbuh dan kondisi politik Indonesia yang stabil.

Enggar juga berharap Mitsubishi dapat menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya. “Tidak hanya untuk sektor otomotif, tapi juga suku cadang dan agrikultur, yang kemudian diekspor dari Indonesia ke negara-negara lain," ujar Enggar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...