Pengusaha Tak Seoptimistis Pemerintah Memproyeksi Ekonomi 2018

Michael Reily
5 Desember 2017, 15:30
Pangan retail
Katadata | Donang Wahyu
Ilustrasi kegiatan retail. Apindo memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sekitar 5,2%.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun depan tidak akan mencapai target pemerintah sebesar 5,4%. Ketua Umum APINDO Hariyadi Sukamdani memprediksikan ekonomi tumbuh dalam rentang 5,05% sampai 5,2%.

Hariyadi mengungkapkan 2018 merupakan tahun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, sehingga banyak pengusaha akan sedikit mengerem aktivitas bisnis. "Eskalasi dinamika politik cukup besar harus jadi pelajaran kami," katanya kepada wartawan di Permata Kuningan, Jakarta, Selasa (5/12).

(Baca:  Pengusaha Dukung GPN, Bisnis 'Bawah Tanah' Digital Bakal Kena Pajak)

Menurutnya, kondisi politik dengan tokoh yang kontroversial bakal menimbulkan dampak kekhawatiran di masyarakat. Oleh karena itu, Apindo mengusulkan beberapa hal penting untuk menumbuhkan optimisme dunia usaha sehingga pemerintah dapat memenuhi target pertumbuhan ekonomi. 

Salah satunya adalah sinkronisasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menerbitkan izin usaha. Apindo menilai perlu dukungan dan pelayanan investasi di daerah dengan alasan realisasi investasi merupakan kewenangan kabupaten atau kota.

Pemerintah juga harus memanfaatkan momentum kenaikan kemudahan investasi bisnis dengan implementasi yang tepat. Jika masalah birokrasi bisa diselesaikan dengan satu kali registrasi secara virtual, pengaruhnya sangat positif untuk meningkatkan daya saing usaha di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...