Pengguna Twitter Indonesia Paling Sering Bahas Isu Politik

Penulis: Michael Reily

Editor: Yuliawati

6/12/2017, 12.37 WIB

Dari 10 besar momen yang menjadi perhatian masyarakat, empat peristiwa yang paling sering diperbincangkan berkaitan dengan politik.

Twitter
YouTube
Logo Twitter.

Twitter Indonesia menghimpun topik yang ramai dibicarakan penggunanya di Indonesia. Tercatat, dari 10 besar momen yang menjadi perhatian masyarakat, empat peristiwa berkaitan dengan politik. Sisanya, topik yang menjadi perhatian berkaitan dengan hari raya, olahraga, dan hiburan.

Empat topik terkait politik yakni Pilkada Serentak 2017 berada di urutan kedua, Pilkada DKI di posisi keempat, Kasus Ahok nomor enam, dan Kasus Korupsi Setya Novanto berada di posisi delapan.

“Politik menjadi salah satu sumber berita yang paling hangat, hubungan dengan politisi selalu menjadi berita terkini,” kata Country Manager Twitter Indonesia Novita Jong kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/12).

Selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017, banyak kandidat kepala daerah yang menggunakan Twitter sebagai alat sosialisasi program. Para pemilih juga menggunakan Twitter untuk mencari informasi, berbagi opini, dan terhubung dengan calon pemimpin.

(Baca: Twitter Perpanjang Cuitan Menjadi 280 Karakter)

Catatan Twitter, terdapat sekitar 11,2 juta cuitan yang terkait dengan tagar #PilkadaSerentak 2017 sejak 1 Januari 2017. Pada 15 Februari 2017, hari pemilihan, jumlah 1 juta cuitan terekam dalam sehari.

Pilkada DKI Jakarta juga menjadi salah satu peristiwa penting bagi iklim politik nasional pada 2017. Tagar seperti #PilkadaDKI, #DKI1, #PilgubDKI, dan #DebatPilkadaDKI.

“Masyarakat menjadikan Twitter tempat untuk mencari dan berbagi informasi terkait Pilkada DKI Jakarta, sekaligus untuk mengutarakan pendapat mengenai pemilihan umum dan program kerja yang ditawarkan masing-masing kandidat,” jelas Novita.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dijatuhi hukuman dua tahun penjara setelah menjalani proses peradilan di awal tahun juga menjadi perhatian masyarakat. Pengguna Twitter yang mayoritas generasi muda menggunakan tagar #Ahok, #BebaskanAhok, dan #KamiBersamaAhok.

(Baca juga:  Di Hari Kerja Terakhirnya, Karyawan Twitter Bekukan Akun Donald Trump)

Kasus Korupsi Setya Novanto juga tidak luput dari pembicaraan. Sebagai pejabat yang telah dinyatakan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), masyarakat menyampaikan pendapat mengenai isu melalui cuitan lucu dan kreatif.

“Bahkan ada akun yang diciptakan khusus terkait kecelakaan beliau yang menabrak tiang listrik,” tutur Novita.

Kepedulian masyarakat terhadap isu politik juga tercermin dari jumlah pembicaraan tentang seorang figur publik. Ahok, Presiden Joko Widodo, Anies Baswedan, Fahri Hamzah menempati 4 urutan teratas dan Sandiaga Uno nomor sembilan dalam daftar 10 besar pengguna Twitter yang paling banyak dibicarakan.

Padahal, kelima tokoh politik tersebut tidak berada dalam 10 akun dengan pengikut terbanyak di Indonesia. “Presiden Joko Widodo juga berada pada peringkat 10 dalam daftar pemimpin negara yang banyak dibicarakan di Twitter secara global,” ujar Novita.

Ia pun menegaskan berita politik tidak menjadi fokus masyarakat, tetapi juga isu sosial. Menurutnya, 4 pilar yang penting untuk masyarakat di Twitter adalah olahraga, hiburan, sosial politik, dan budaya.

10 Momen yang Ramai Dibicarakan di Twitter:
1. Ramadan
2. Pilkada Serentak 2017
3. HUT RI ke-72
4. Pilkada DKI
5. Konser Bangtan Boys di Jakarta
6. Kasus Ahok
7. Berpulangnya Choirul Huda
8. Kasus Korupsi Setya Novanto
9. Pernikahan Raisa - Hamish
10. Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution

 

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan