Pengguna Twitter Indonesia Paling Sering Bahas Isu Politik

Michael Reily
6 Desember 2017, 12:37
Twitter
YouTube
Logo Twitter.

Twitter Indonesia menghimpun topik yang ramai dibicarakan penggunanya di Indonesia. Tercatat, dari 10 besar momen yang menjadi perhatian masyarakat, empat peristiwa berkaitan dengan politik. Sisanya, topik yang menjadi perhatian berkaitan dengan hari raya, olahraga, dan hiburan.

Empat topik terkait politik yakni Pilkada Serentak 2017 berada di urutan kedua, Pilkada DKI di posisi keempat, Kasus Ahok nomor enam, dan Kasus Korupsi Setya Novanto berada di posisi delapan.

“Politik menjadi salah satu sumber berita yang paling hangat, hubungan dengan politisi selalu menjadi berita terkini,” kata Country Manager Twitter Indonesia Novita Jong kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/12).

Selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017, banyak kandidat kepala daerah yang menggunakan Twitter sebagai alat sosialisasi program. Para pemilih juga menggunakan Twitter untuk mencari informasi, berbagi opini, dan terhubung dengan calon pemimpin.

(Baca: Twitter Perpanjang Cuitan Menjadi 280 Karakter)

Catatan Twitter, terdapat sekitar 11,2 juta cuitan yang terkait dengan tagar #PilkadaSerentak 2017 sejak 1 Januari 2017. Pada 15 Februari 2017, hari pemilihan, jumlah 1 juta cuitan terekam dalam sehari.

Pilkada DKI Jakarta juga menjadi salah satu peristiwa penting bagi iklim politik nasional pada 2017. Tagar seperti #PilkadaDKI, #DKI1, #PilgubDKI, dan #DebatPilkadaDKI.

“Masyarakat menjadikan Twitter tempat untuk mencari dan berbagi informasi terkait Pilkada DKI Jakarta, sekaligus untuk mengutarakan pendapat mengenai pemilihan umum dan program kerja yang ditawarkan masing-masing kandidat,” jelas Novita.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...