Lebih Untung Dibanding Bitcoin, Uang Digital Ripple Kian Populer

Martha Ruth Thertina
15 Desember 2017, 14:37
Bitcoin
wikimedia.org

Mata uang digital Ripple (XRP) semakin populer. Kapitalisasi pasar ripple tercatat sebagai yang tertinggi ketiga di bawah bitcoin dan ethereum. Saat berita ini ditulis, lonjakan harga ripple bahkan tercatat sebagai yang tertinggi di antara 24 mata uang digital berkapitalisasi pasar besar atau di atas US$ 1 miliar.

Mengacu pada data coinmarketcap.com, lonjakan harga ripple dalam sepekan terakhir mencapai 211%, melampaui ethereum yang naik 54%, dan bitcoin yang hanya naik 4,19%. CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan, ethereum dan ripple memang tengah populer saat ini. Bitcoin Indonesia sendiri turut memfasilitasi jual-beli kedua mata uang digital tersebut.

Namun, ia mengakui transaksi jual-beli ripple dan ethereum belum setinggi alias belum selikuid bitcoin. “Tidak selikuid bitcoin tetapi menurut saya cukup baik. Khususnya ripple karena ripple sendiri di-invest oleh Google Ventures,” kata Oscar kepada Katadata, Kamis (14/12). (Baca juga: BI dan OJK Belum Berencana Blokir Bitcoin)

Meski begitu, menurut dia, transaksi jual-beli bisa berlangsung segera bila jumlahnya tak sampai miliaran. Sebab, ada permintaan dan penawaran yang cukup besar. “Tergantung berapa harga mau dijual dan dibelinya. Kalau sesuai harga pasar ya cepat,” ucapnya. 

Lima Mata Uang Digital Dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...