Terlalu Berisiko, Pendiri Situs Bitcoin.com Jual Seluruh Bitcoin

Penulis: Martha Ruth Thertina

19/12/2017, 18.47 WIB

Bitcoin dinilai memiliki keterbatasan dalam jaringan yang membuatnya tidak likuid.

Bitcoin
Wikimedia

Emil Oldenberg, Chief Technology Officer (CTO) sekaligus co-founder bitcoin.com, salah satu situs bitcoin terbesar di dunia, menyatakan telah melepas seluruh bitcoin (BTC) miliknya dan beralih ke bitcoin cash (BCH). Langkah tersebut diambil lantaran ia menilai investasi di bitcoin terlalu berisiko.

“Investasi di bitcoin adalah investasi paling berisiko yang bisa Anda lakukan saat ini,” kata Oldenberg dalam wawancara dengan situs teknologi asal Swedia, Breakit, seperti dilansir businessinsider.com. (Baca juga: Rawan Pencucian Uang, Transaksi Bitcoin Diawasi PPATK)

Adapun bitcoin cash adalah mata uang digital pecahan bitcoin yang meluncur pada awal Agustus tahun ini. Mengacu pada coinmarketcap.com, bitcoin cash tercatat sebagai mata uang digital dengan kapitalisasi pasar terbesar ketiga saat ini, di bawah bitcoin dan ethereum. Seperti halnya bitcoin, pasokan bitcoin cash juga terbatas yaitu hanya akan mencapai 21 juta.

Setelah pernyataan Oldenberg dipublikasikan, harga bitcoin cash tercatat mengalami lonjakan. Dalam kurun waktu 24 jam hingga sekitar pukul 17.00 WIB, harganya meningkat sekitar 30% ke kisaran US$ 2.400-2.500, berbanding terbalik dengan bitcoin yang justru turun 0,11%. Adapun jika dihitung dari sejak diluncurkan, kenaikan bitcoin cash mencapai lebih dari 300%.

Menurut Oldenberg yang juga co-founder bursa bitcoin di Swedia, Safello., persoalan bitcoin adalah biaya transaksi yang mahal, lantaran belipat ganda setiap tiga bulan. Selain itu, proses untuk mengonfirmasi transaksi bitcoin berlangsung lama yaitu rata-rata sekitar 4,5 jam saat ini. Penyebabnya, adanya keterbatasan dalam jaringannya. Hal ini membuat bitcoin tidak likuid.

Ia menilai pemegang bitcoin belum menyadari risiko tersebut lantaran baru sebatas membeli bitcoin tapi belum menjualnya. “Segera setelah orang-orang menyadari cara kerjanya, mereka akan mulai menjual,” ucapnya. (Baca juga: Lebih Untung Dibanding Bitcoin, Uang Digital Ripple Kian Populer)

Atas dasar itu, ia percaya, investasi di bitcoin cash memiliki masa depan yang lebih cerah dibandingkan dengan investasi di bitcoin. Menurut dia, bitcoin.com juga sudah secara aktif mempromosikan bitcoin cash dan telah menyetop layanan terkait bitcoin. Sebelumnya, situs yang didirikan pada 2015 tersebut, menyediakan beragam layanan terkait bitcoin, termasuk bitcoin casino, layanan berita, hingga pertambangan bitcoin atau bitcoin "mining pool".

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan