Survei: Milenial Pilih Pelesir, Beli Gawai & Mobil Ketimbang Properti

Dimas Jarot Bayu
20 Desember 2017, 21:02
Properti
Arief Kamaludin|KATADATA

Generasi milenial diprediksi akan menjadi kelompok terbesar pembeli properti di Indonesia hingga 10 tahun ke depan. Generasi dengan rentang usia 23-37 tahun tersebut merupakan 70% dari usia produktif di negeri ini.

Sayangnya hingga saat ini, generasi milenial dianggap masih belum memprioritaskan pembelian properti dalam belanja mereka. Milenial menganggap penghasilannya belum mencukupi untuk membeli properti, dan memilih membelanjakannya untuk kebutuhan tersier, seperti pelesiran.

Advertisement

Hal ini diketahui berdasarkan riset yang dirilis Rumah123. Rata-rata generasi milenial justru memprioritaskan belanja mereka untuk membeli gawai dan komputer (25,99%) ataupun berpelesir (22,60%).

"Gaya hidup berupa gawai dan berpelesir masih jadi distraksi utama pembelian properti generasi milenial," kata Country Manager Rumah123 Ignatius Untung di kantornya, Jakarta, Rabu (20/12).  (Baca: Masyarakat Kelas Menengah Berhemat, Penjualan Rumah Melambat)

Ignatius juga memaparkan bahwa generasi milenial diduga tidak berani memimpikan properti meski pendapatannya telah naik signifikan. Berdasarkan rentang pendapatan Rp 3 juta - Rp 4,99 juta, berpelesir masih menjadi prioritas utama mereka (26%) disusul pembelian gawai dan komputer (25 kali). Adapun, prioritas pembelian properti menempati posisi ketiga setelahnya (21 kali).

Pada rentang pendapatan Rp 5 juta - Rp 7,99 juta, prioritas utama generasi milenial tetap didominasi oleh pembelian gawai dan komputer (18 kali) serta berplesir (17 kali). Sementara, prioritas untuk pembelian properti turun (8 kali). Posisinya digantikan dengan prioritas pembelian mobil (15 kali).

Angka prioritas pembelian properti tetap stagnan pada rentang pendapatan Rp 8 juta - Rp 14,99 juta. Adapun, posisi utama masih ditempati dengan prioritas pembelian gawai dan komputer (11 kali). "Diduga responden tidak berani memimpikan properti sampai penghasilannya mulai signifikan," kata Untung.

(Baca: Digitalisasi Layanan, BTN Targetkan Penyaluran 700 Ribu Rumah KPR)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement