Resmikan Pembangkit di Papua, Jokowi Curhat Kena Mati Lampu 3 Kali

Ameidyo Daud Nasution
21 Desember 2017, 11:24
jokowi
Arief Kamaludin | KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan dua pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) di Papua. Namun, ada cerita mengenai listrik di Papua yang ia rasakan sebelum meresmikan pembangkit tersebut. Cerita itu kemudian ia bagikan ketika meresmikan pembangkit listrik, Rabu (20/12).

Menurut Jokowi, satu hari sebelum peresmian, dirinya menginap dan bermalam di salah satu hotel di kota Sorong. Di sana, ia merasakan langsung bagaimana listrik mati-hidup atau terkenal istilah biarpet. Bahkan peristiwa mati-hidup listrik itu dirasakan sampai tiga kali. 

Pengalaman itu, kata Jokowi sama seperti yang dialami masyarakat Papua selama ini mengenai listrik. "Tadi malam saya menginap di Kota Sorong. Di hotel, mati lampu tiga kali. Malam ini, saya mau menginap di Nabire. Saya mau cek mati lampu enggak nanti malam," ujar Jokowi, berdasarkan dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Kamis (21/12).

Melihat fakta tersebut, Presiden memerintahkan jajarannya untuk mengatasi masalah listrik "biarpet" serta membangun listrik untuk desa di tanah Papua. Adapun, pembangkit yang diresmikan yakni PLTMG Nabire dengan kapasitas 20 megawatt (MW). Kemudian ada PLTMG Jayapura berkapasitas 50 MW.  Selain itu ada peluncuran 74 desa baru berlistrik Papua dan Papua Barat. 

Dengan beroperasinya kedua PLTMG ini, harapannya kebutuhan listrik bagi masyarakat yang berada di kedua wilayah tersebut bisa terjawab. Selain itu, keberadaan pembangkit juga bisa mendorong masuknya investor. Apalagi listrik adalah kunci investasi.

Hingga saat ini memang masih ada beberapa desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Jumlahnya bahkan bisa mencapai  3.000 desa . “Paling banyak 2.000 desa itu di tanah Papua,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...