Prospek Bank Cerah, Harga Jual Saham Danamon Bisa Lebih Tinggi

Desy Setyowati
28 Desember 2017, 14:52
Bank Danamon
Arief Kamaludin|Katadata

Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. segera menjual secara bertahap 73,8% sahamnya di Bank Danamon Indonesia Tbk. kepada Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Limited (MUFG). Harga penjualan saham untuk tahap pertama sudah disepakati. Namun, analis menilai harganya bisa lebih tinggi lantaran prospek positif bisnis bank di dalam negeri.

Pada tahap pertama, Asia Financial bakal menjual 19,9% sahamnya di Danamon dengan harga Rp 8.323 per saham atau total Rp 15,87 triliun. Nominal tersebut mencapai dua kali nilai buku Danamon pada kuartal III 2017. Mengacu pada keterangan pers MUFG, Selasa (26/12), transaksi diharapkan bisa tuntas dalam beberapa hari ke depan.

(Baca juga: Temasek Resmi Jual Danamon ke Bank Jepang, Harganya 39% di Atas Pasar)

Analis First Asia Capital David Sutyanto mengatakan, harga jual saham perbankan domestik bisa mencapai tiga kali nilai buku. Hal itu sebagaimana terjadi saat penjualan Bank Mutiara kepada J Trust beberapa waktu lalu. "Itu (artinya Danamon bisa) seharga Rp 12 ribu-an," kata David kepada Katadata, Kamis (28/22).

Maka itu, ia menilai harga jual saham Danamon yang sebesar Rp 8.323 per saham sama sekali tidak kemahalan. Ia menjelaskan, sekalipun perbankan di Indonesia masih menghadapi risiko tingginya rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL), tapi keuntungan yang diperoleh masih tetap tinggi. Maka itu, harga jualnya juga tinggi.

Dalam catatannya, net profit margin (NPM) perbankan domestik bahkan merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan negara-negara lain. NPM menunjukkan kemampuan bank dalam menghasilkan pendapatan bersih (net income) dari operasional pokok bank.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...