LRT Fase II Hingga Tanah Abang, Pedagang Blok G Akan Direlokasi

Dimas Jarot Bayu
3 Januari 2018, 17:30
Tanah Abang
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Deretan tenda PKL yang menutupi separuh badan Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta, 22 Desember 2017.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta meminta pembangunan jalur light rail transit (LRT) fase II diperpanjang hingga ke Tanah Abang, Jakarta Pusat. Rencananya, pemerintah akan merelokasi kios-kios di Pasar Blok G Tanah Abang, dan mengubahnya menjadi stasiun LRT. 

Pemprov rencananya memulai relokasi para pedagang di Pasar Blok G Tanah Abang mulai satu hingga dua bulan ke depan. "Tergantung dari hasil pembicaraan dalam satu atau dua bulan ini," ujar Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Rabu (3/1).

Sandiaga mengatakan, relokasi terhadap para pedagang akan dilakukan dengan menyewa lahan milik Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau Haji Lulung. Menurut Sandiaga, PD Pasar Jaya mengusulkan penyewaan lahan Haji Lulung selama dua tahun. "Ini yang mau kami finalisasi begitu sudah kelar lahannya, sudah siap, sekitar 900 (pedagang) kami mau relokasi ke sana," kata Sandiaga.

(Baca: KAI Utang Rp 19,2 Triliun ke 12 Bank Lokal dan Asing untuk Proyek LRT)

Pasar Blok G menjadi stasiun LRT dengan pertimbangan lokasi tersebut kerapp dikunjungi banyak orang. Selain itu dapat terintegrasi dengan stasiun kereta api.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...