Pemerintah Buka Lelang Blok Attaka dan East Kalimantan Januari 2018

Anggita Rezki Amelia
3 Januari 2018, 17:27
Rig Minyak
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan lelang blok Attaka dan East Kalimantan bisa terlaksana bulan Januari ini. Dengan begitu pengelolaan blok itu bisa secepatnya diputuskan. Apalagi blok East Kalimantan akan berakhir tahun 2018.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan saat ini masih menyiapkan proses lelang tersebut. "Sementara rencananya begitu (lelang dibuka Januari 2018)," kata Agung kepada Katadata, Rabu (3/1).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial juga mengatakan hal yang sama. Kementerian ESDM masih menyiapkan dokumen penawaran, syarat dan ketentuan (term and condition) kontrak dan sebagainya.

Targetnya pemenang lelang akan diumumkan tiga bulan mendatang. "Bulan Maret akan diumumkan siapa pemenangnya," kata Ego dikutip dari situs Kementerian ESDM, Rabu (3/1).

Keputusan pemerintah melelang kedua blok ini karena PT Pertamina (Persero) yang sebelumnya ditugaskan pemerintah menolak mengelolanya. Penolakan ini karena blok East Kalimantan tidak ekonomis akibat adanya kewajiban dana pemulihan tambang (Abandonment Site Restoration/ASR).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...