Ada Kereta Bandara, Commuter Line ke Tangerang Berkurang 17 Perjalanan

Ameidyo Daud Nasution
4 Januari 2018, 15:24
PEMBANGUNAN STASIUN SUDIRMAN BARU
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Beroperasinya Kereta Bandara Soekarno Hatta berdampak terhadap perjalanan KRL Commuter Line Jakarta-Tangerang. Perjalanan Commuter Line lintas Duri - Tangerang akan berkurang dari 90 perjalanan per hari menjadi hanya 73 perjalanan per hari.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) M. Nurul Fadhila mengatakan pengurangan perjalanan in baru akan dilakukan ketika perjalanan KA bandara mencapai 82 perjalanan per hari. Saat ini perjalanan KA Bandara masih separuhnya.

"Kalau sekarang karena masih 42 perjalanan, makanya belum ada perubahan," ujar Fadhila di Jakarta, Kamis (4/1). (Baca: Menhub Bidik Tarif Kereta Bandara Soetta Rp 70-80 Ribu Dibantu Sponsor)

Pengurangan frekuensi perjalanan Commuter Line dilakukan karena kereta ini harus berbagi jalur rel yang sama dengan KA Bandara. Keduanya sama-sama melalui jalur kereta dari Stasiun Duri hingga Stasiun Batu Ceper. 

Fadhila mengatakan penyesuaian jadwal akan disosialisasikan dalam situs PT. KCI yakni www.krl.co.id, papan pengumuman di stasiun, hingga flyer jadwal KRL terbaru. "Memang dampaknya headway (jarak waktu antar kereta) akan lebih lama," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...