Kalla Beri Sinyal Airlangga Hartarto Akan Bertahan di Kabinet

Ameidyo Daud Nasution
9 Januari 2018, 16:49
Munaslub Golkar 2017
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di Jakarta, Senin (18/12).

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memiliki posisi berbeda dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Kalla menyatakan Khofifah yang menyalonkan diri dalam ajang pemilihan gubernur Jawa Tengah memang semestinya mundur dari jabatan Menteri Sosial.

Kalla mengatakan dengan maju dalam pilgub, Khofifah akan menjadi sangat sibuk. "Bila menjadi calon (dalam pilgub) maka dia harus berada di Surabaya Jawa Timur dan keliling wilayah," kata Kalla dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (9/1).

Advertisement

(Baca: Resmi Ketua Umum, Airlangga Targetkan Elektabilitas Golkar 16%)

Lebih lanjut dia menyatakan apabila Khofifah tidak mundur sebagai menteri, maka pekerjaannya dapat terganggu. "Dua-duanya bisa gagal, gagal laksanakan tugas kementerian dan gagal menjadi calon Pilgub, makanya musti ada satu pilihan," kata dia.

Kalla membandingkan situasi yang dihadapi Khofifah berbeda dengan Airlangga. Kalla pernah menjabat sebagai Ketua Golkar sekaligus wakil Presiden RI dalam periode 2004-2009. Dia menjelaskan pekerjaan sebagai menteri akan dapat dibagi dengan tugas sebagai pimpinan partai, tanpa mengorbankan salah satu pekerjaan.

"Kalau ketua Golkar sepengalaman saya urusannya (dapat dikerjakan) malam, jadi tidak menganggu waktu kerja (di kabinet)," kata Kalla. (Baca: Tunggu RUU MD3, Golkar Tunda Ajukan Calon Ketua DPR Pengganti Setnov)

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement