Menteri Sofyan Djalil Klaim Tak Dapat Batalkan HGB Reklamasi Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
10 Januari 2018, 17:26
Sofyan Djalil
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengklaim tidak dapat membatalkan Hak Guna Bangunan (HGB) pulau reklamasi Teluk Jakarta. Permintaan pembatalan HGB pulau reklamasi disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui surat kepada BPN.

Sofyan mengatakan penolakan pembatalan HGB sesuai administrasi pertanahan yang berlaku. Keputusan pembatalan hanya dapat melalui proses pengadilan.

"Jadi tidak bisa kami batalkan karena dapat menciptakan ketidakpastian hukum," kata Sofyan dalam konferensi pers di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (10/1). (Baca: Anies Minta Sofyan Djalil Batalkan HGB Tiga Pulau Reklamasi Jakarta)

Sofyan menyarankan Anies agar menempuh jalur hukum melalui Pengadilan Tata Usaha Negara atau jalur perdata. Apabila hakim mengabulkan gugatan Anies, maka pihaknya siap untuk mengikuti putusan pengadilan. 

"Karena sekali kami batalkan yang seperti ini maka produk BPN jadi tidak dipercaya masyarakat," kata Sofyan.

Dia juga menjelaskan BPN telah menerbitkan Sertipikat Hak Pengelolaan (HPL) pulau C tanggal 18 Agustus lalu dengan nomor 46/ Kamal Muara dengan luasan 1.093.580 meter persegi. Pulau tersebut telah tercatat atas nama pemerintah provinsi DKI Jakarta. Sedangkan untuk pulau G, Sofyan menyatakan hingga saat ini belum ada kegiatan administrasi apapun.

"Termasuk pulau D, kalau ada aktivitas harus lapor DKI terlebih dulu," katanya. (Baca: Tarik Dua Raperda, Anies Dinilai Serius Hentikan Reklamasi Jakarta)

Anies mengatakan permintaan pembatalan dan menunda HGB merupakan hasil kajian atas proyek reklamasi yang telah dipelajari selama setahun, sejak dirinya kampanye sebagai calon gubernur.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution, Ihya Ulum Aldin
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...