Ada Semburan Gas, Pertamina Tutup Sumur di Indramayu

Anggita Rezki Amelia
15 Januari 2018, 21:54
migas
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus memantau perkembangan semburan gas di di Desa Pagedangan dan Desa Sukaperna, Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Untuk mengatasi kejadian ini, SKK Migas juga bekerja sama dengan PT Pertamina EP.

Menurut Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan untuk mengatasi hal itu, PT Pertamina EP terus menganalisa kejadian itu termasuk menutup sumur BDA-02 di Lapangan Jatibarang yang berdekatan dengan semburan. “Penutupan sumur dilakukan untuk  menganalisa apakah ada korelasi antara sumur BDA-02 dengan buble tersebut yang sudah berlangsung sejak tahun 2015,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (15/1).

Saat pelaksanaan penutupan sumur itu, SKK Migas terus memantau  beberapa titik semburan gas. Selain itu, secara berlanjut melakukan pengukuran gas secara berkala di area semburan yakni Desa Sukaperna dan Pagedangan.

Public Relations Manager PT Pertamina EP Muhammad Baron mengatakan sumur BDA-02 memang sedang dipergunakan mengalirkan gas rawa, sehingga bisa membantu kondisi di sana. “Produksi EP secara keseluruhan tidak terganggu walaupun terjadi penggunaan sumur untuk membantu masyarakat,” ujar dia.

Hal lain yang dilakukan adalah memastikan kesiapan peralatan penanganan keadaan darurat seperti mobil pemadam kebakaran di lokasi. Kemudian mengecek pemasangan garis aman di beberapa titik semburan di Desa Sukaperna dan Pagedangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...