Penerima Bantuan Pangan Nontunai Segera Bertambah 2,6 Juta Keluarga

Rizky Alika
16 Januari 2018, 19:36
beras
Katadata | Arief Kamaludin

Penerima bantuan pangan nontunai (BPNT) bakal segera bertambah. Setelah memberikan BPNT kepada 1,2 juta keluarga Januari ini, Pemerintah berancang-ancang untuk memberikan bantuan serupa kepada 2,6 juta keluarga lagi. Dengan demikian, bakal ada 3,8 juta keluarga penerima bantuan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sebelum menambah jumlah keluarga penerima bantuan, pemerintah akan lebih dulu memastikan realisasi penyaluran BPNT kepada 1,2 juta keluarga yang semestinya menjadi penerima mulai Januari ini.

"Kalau sudah beres yang 1,2 juta, akan ditambah lagi dengan 2,6 juta yang bantuan nontunai," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Selasa (16/1). 

BPNT merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong atau pedagang bahan pangan yang bekerja sama dengan bank-bank pelat merah. (Baca juga: Pemerintah Siapkan 281 Ribu Agen untuk Bantuan Pangan Non-Tunai)

Program BPNT ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2017 mengenai pemberian BPNT dalam bentuk beras dan telur ayam. Targetnya, jumlah keluarga penerima bantuan bakal terus bertambah secara bertahap hingga mencapai 10 juta keluarga pada akhir 2018. (Baca juga: Bantuan Pangan Nontunai Sasar 10 Juta Keluarga, Peran Bulog Berkurang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...