Jokowi: Hasil Renovasi Istora Senayan Mirip Masa Kejayaan 1960-an

Dimas Jarot Bayu
23 Januari 2018, 21:50
Presiden Joko Widodo
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kedua kiri), didampingi sejumlah menteri kabinet kerja melambaikan tangan usai meresmikan Istora Senayan di Jakarta, Selasa (23/1).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terkejut dengan hasil renovasi Istora SEnayan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Jokowi mengatakan renovasi terhadap Istora Senoyan mengembalikan kejayaan bangunan tersebut pada masa sekitar 1960-an. 

"Ini merupakan renovasi besar yang betul-betul mengubah Istora Senayan dan harapannya digunakan event olahraga dan lainnya," kata Jokowi saat meresmikan renovasi Istora, Selasa (23/1). 

Renovasi Istora GBK untuk menyambut pesta olah raga Asian Games pada Agustus 2018.  Dalam peresmian Istora, Jokowi didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi.

Selain itu, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir.

(Baca: Wajah Baru Gelora Bung Karno)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Istora Senayan nantinya dapat digunakan sebagai gedung serbaguna. Sehingga berbagai kegiatan dapat diselenggarakan di dalam Istora GBK.

"Pada saat Asian Games digunakan untuk basketball dan badminton, kemudian konser musik," kata Basuki.

Dalam renovasi ini, beberapa perubahan yang terlihat yakni pemasangan 7.120 kursi single seat menggantikan 10.000 kursi kayu. Renovasi juga dilakukan dengan pemasangan teknologi lampu LED yang bisa bergerak naik turun pada ketinggian 9-12 meter dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

Istora Senayan GBK rencananya akan digunakan sebagai venue bulu tangkis di Asian Games 2018. Istora GBK juga akan digunakan untuk dua turnamen, yakni Indonesia Masters 2018 pada Januari 2018 dan Indonesia Open pada Juli 2018.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...