Wajah Baru Gelora Bung Karno

Oleh Mirina Octavia, 17 Januari 2018

Stadion Gelora Bung Karno siap digunakan untuk penghelatan Asian Games XVIII. Stadion ini memiliki fasilitas berstandar FIFA.

Wajah Baru Gelora Bung Karno
Unduh Infografik
Share

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) telah selesai direnovasi. Stadion ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Januari 2018 dan siap digunakan untuk penghelatan Asian Games XVIII pada Agustus-September mendatang. Stadion yang direnovasi sejak Agustus 2016 ini telah menggunakan fasilitas berstandar FIFA.

Pengerjaan renovasi dilakukan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa senilai Rp 769,7 miliar. Sementara konsultan manajemen konstruksi adalah PT Deta Decon dan PT Multi Karadiguna Jasa dengan nilai kontrak Rp 10,2 miliar.

Sistem pencahayaan Stadion Utama GBK menggunakan sistem LED sehingga konsumsi listrik lebih hemat 50 persen dengan kekuatan 3.500 lux. Kualitas cahaya yang dihasilkan tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Sistem ini juga terintegrasi dengan tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt pmpo.

Meski jumlah kapasitas kursi berkurang menjadi 76 ribu, Manajer Produksi Kontraktor Adhi Karya Chabbib Wawan mengatakan, kondisi ini jauh lebih nyaman dibanding sebelumnya. Selain kualitas kursi dengan berjenis tunggal dan sistem lipat, juga tersedia jalur bagi penyandang difabel dan evakuasi. Kualitas lapangan pun semakin baik dengan jenis rumput manilla atau Zoysia Matrella serta dilengkapi sistem drainase anti banjir dan alat penyiram rumput otomatis.