Facebook Akan Blokir Semua Iklan Bitcoin dan Mata Uang Digital

Pingit Aria
31 Januari 2018, 09:27
Bitcoin
Wikimedia

Facebook akan memblokir seluruh iklan yang mempromosikan produk dan layanan terkait mata uang digital, termasuk bitcoin. Layanan media sosial itu menilai, banyak perusahaan yang tidak memiliki itikad baik ketika bertransaksi dengan cryptocurrency.

"Kami ingin orang-orang untuk terus menemukan dan belajar produk-produk serta layanan baru melalui iklan di Facebook tanpa takut menjadi korban penipuan," kata direktur pengelolaan produk untuk Facebook Business Rob Leathern, seperti dilansir dari BBC, Rabu (31/1).

Leathern menjelaskan, banyak perusahaan yang mengiklankan peluang investasi pada uang virtual dan Initial Coin Offering (ICO), yang tidak beroperasi dengan itikad baik. ICO mengajak orang-orang untuk membeli cryptocurrency baru sebelum diluncurkan dengan harapan nilainya akan meningkat.

Masalahnya, beberapa perusahaan diketahui menggunakan ICO sebagai cara untuk mengerek pendapatan tanpa harus mengikuti regulasi formal seperti ketika mengumpulkan uang lewat cara yang lebih tradisional seperti Initial Public Offering (IPO). Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menghilang setelah ICO, sementara investornya tidak mendapatkan apapun.

(Baca juga: Arsenal Promosikan Cashbet, Mata Uang Digital Ala Bitcoin)

Facebook menambahkan, iklan yang ditayangkan tidak boleh mempromosikan produk dan layanan finansial yang sering dikaitkan dengan penyesatan atau penipuan promosi. Kebijakan ini diambil untuk melindungi integritas Facebook, setelah dikritik terkait iklan-iklan propaganda dan konten tidak pantas lainnya.

Facebook juga mengakui bahwa tidak mungkin bisa sepenuhnya memblokir iklan-iklan tersebut. Karenanya, Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini meminta penggunanya untuk melaporkan kalau ada iklan yang terlewat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...