Pertamina EP Tingkatkan Target Produksi Migas Tahun Ini

Arnold Sirait
1 Februari 2018, 16:57
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

PT Pertamina EP meningkatkan target produksi minyak dan gas bumi (migas) tahun ini. INi karena ada beberapa program pengeboran dan pengerjaan ulang (work over) sumur.

Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan tahun ini target produksi migas mencapai 253,2 ribu barel setara minyak per hari (bsmph). Ini lebih tinggi dari realisasi produksi tahun 2017 yang hanya 253 ribu bsmph.

Untuk mencapai target tersebut, tahun ini Pertamina EP akan mengebor 83 sumur pengembangan dan pengerjaan ulang sebanyak 146 sumur. “Kenaikan produksi pada 2018 diharapkan didapat dari beberapa  kegiatan  pemboran sumur pengembangan dan work over yang sudah dilakukan,” ujar Nanang berdasarkan keterangan resminya, Kamis (1/2).

Beberapa lapangan yang menjadi harapan memberikan kontribusi besar adalah Bunyu di Kalimantan Timur. Selain itu ada lapangan di asset 2 yang selama 2017 memberikan kontribusi besar. Sementara untuk produksi gas diharapkan dari beberapa proyek yang sudah siap produksi.

Nanang mengatakan tahun 2018, produksi gas akan lebih kecil dibandingkan realisasi produksi tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah ada penghentian kegiatan yang sudah direncanakan (planned shutdown) di Lapangan Subang, Jawa Barat dan Matindok di Banggai, Sulawesi Tengah karena kilang PT Donggi Senoro LNG ada perawatan.

Dengan kenaikan target produksi dan tren harga minyak yang akan membaik itu berpotensi meningkatkan pendapatan. Target pendapatan pada 2018 sebesar US$ 2,78 miliar, lebih besar dari realisasi pada 2017 senilai US$ 2,76 miliar. “Yang terpenting juga untuk bisa meningkatkan pendapatan adalah pelaksanaan program sesuai target waktu, anggaran dan kualitas berdasarkan skala prioritas dan efisiensi,” kata Nanang.

Untuk meningkatkan cadangan, tahun ini Pertamina EP merencanakan pemboran sebanyak 23 sumur dari asset 1 sampai asset 5. Kegiatan lain yang dilakukan yakni pembuatan rencana pengembangan (plan of development/POD) dari struktur temuan baru eksplorasi seperti seperti sumur Karang Makmur dan Benggala.

Selain itu, aktivitas pembuatan POFD di sumur Betung, Semberah, North Mahakam Phase 2, Kenali Asam dan Belimbing. Ada juga kegiatan penilaian kembali (reassessment) pemutakhiran data di struktur Musi Barat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...