BCA Targetkan Akuisisi 2 Bank Terealisasi dalam 3 Bulan ke Depan

Image title
9 Februari 2018, 20:38
BCA
Arief Kamaludin|KATADATA

Rencana PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk mengakuisisi dua bank kecil semakin menunjukkan kejelasan. Bank milik Grup Djarum ini menargetkan bisa merealisasikan rencana tersebut dalam tiga sampai empat bulan ke depan.

Awalnya, BCA merencanakan akuisisi ini dilakukan pada semester II tahun lalu. Namun, rencana tersebut urung dilakukan dan mundur pada tahun ini. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan tahun lalu situasi perbankan nasional belum menunjukkan kejelasan.

"Jadi, kami menunggu. Sekarang situasi NPL (Non Performing Loan/kredit bermasalah)-nya sudah keluar semua. Kami sudah lebih serius nih," ujarnya saat ditemui di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Jumat (9/2).

Terkait rencana akuisisi dua bang ini, BCA telah menganggarkan Rp 4,5 triliun. Dana ini berasal dari uang kas internal perusahaan. Menurut Jahja, saat ini rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) BCA sebesar 23 persen. Masih dalam jauh di atas batas minimal perbankan sebesar 8 persen.

Dia mengaku sampai saat ini, BCA masih memantau dan menjajaki bank-bank kecil yang berpotensi untuk diambil alih. Bank yang sedang dipantau merupakan Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) yang masuk kategori 2. “Maksimal BUKU II lah,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...