Luhut Bakal Lobi Anies Soal Izin Penetapan Lokasi LRT Jabodebek

Dimas Jarot Bayu
9 Februari 2018, 10:42
Light Rail Transit (LRT)
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Pekerja mengerjakan pembangunan proyek kereta ringan Light Rail Transit (LRT) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Direktur Utama PT. Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan segera menyelesaikan persoalan penetapan lokasi kereta listrik cepat (light rail transit/LRT) Jabodebek

Saat ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum memberikan izin penetapan lokasi LRT Jabodebek trase kawasan Setiabudi menuju Dukuh Atas. Padahal, penetapan lokasi merupakan syarat dalam proses pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum.

Advertisement

Menurut Budi,  persoalan izin penetapan lokasi telah disampaikan ke kantor Kemenko Maritim. Dalam rapat mengenai proyek LRT, Luhut berjanji akan mendiskusikan masalah tersebut dengan Anies Baswedan.

"Tadi menurut Pak Menko akan diskusi dengan Gubernur (Anies) dan Wakil Gubernur (Sandiaga Uno)," kata Budi di Kemenko Maritim, Jakarta, Kamis (8/2).

(Baca juga: LRT Jabodebek Terhambat Izin Penetapan Lokasi dari Anies Baswedan)

Budi optimistis dengan campur tangan Luhut, persoalan penetapan lokasi akan segera beres dalam waktu dekat. "Ya kalau Pak Menko kan ukurannya jam dan hari," kata Budi.

Izin penetapan lokasi tersebut penting untuk mendorong percepatan pembangunan LRT Jabodebek. Penetapan lokasi ini diatur dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk kepentingan umum.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement